Pengertian SWOT / Analisis SWOT
SWOT
adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi
kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities,
dan threats).
Analisis
SWOT adalah analisis yang berdasarkan pada anggapan bahwa suatu strategi yang
efektif berasal dari sumber daya internal (strength dan weakness) dan eksternal
(opportunity dan threat). Keuntungan dari analisis SWOT adalah menghubungkan
faktor internal dan eksternal untuk merangsang strategi baru, oleh karena itu
perencanaan yang berdasarkan pada sumber daya dan kompetensi dapat memperkaya
analisis SWOT dengan mengembangkan perspektif internal (Dyson, 2002).
Proses
ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek
dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang
tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan
cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang
mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats)
yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah
ancaman baru.
Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT
merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang
berbeda, di mana aplikasinya adalah:
- Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
- Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
- Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
- Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling
berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan
kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan.
Berdasarkan empat
komponen dasar diatas, faktor analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua faktor
yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Faktor Internal (Strength dan Weakness)
- Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan atau organisasi
- Keuangan atau Finansial
- Sumber daya yang dimiliki
- Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
- Lingkungan
- Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian
- Perkembangan Teknologi
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan Pemerintah
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi
https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
https://www.jurnal.id/id/blog/2017/manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot
https://ekspektasia.com/contoh-analisis-swot/#Tujuan_Analisis_SWOT
https://www.jurnal.id/id/blog/2017/manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot
https://ekspektasia.com/contoh-analisis-swot/#Tujuan_Analisis_SWOT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar