Senin, 23 April 2018

Strategi Layanan


Pengantar


Sasaran dari service strategy adalah cara agar dapat memberikan service yang lebih baik di bandingkan dengan kompetitor dengan mempertimpangkan aspek jangka panjang. Service strategy tidak hanya berkutat tentang strategy pelayanan saja, tetapi juga menempatkan service provider untuk jangka panjang, termasuk desain, pengembangan dan implementasi service manajemen sebagai pondasi aset strategi.

Tata kelola


Konsep dari tata kelola adalah menjadikan standar operasional dan manajemen untuk membangun organisasi yang sehat. Standar internasional untuk tata kelola it di kemukakan salah satunya oleh ISO/IEC 38500:2008 yang menyatakan bahwa tata kelola menyediakan sebuah kerangka kerja yang efektif untuk membatu mengerti dan memenuhi tugas masing – masing, kebijakan dan juga etika yang harus dipatuhi di dalam organisasi.
Resiko
Resiko dapat di definisikan juga sebagai sebuah kemungkinan dari suatu kejadian yang menyebabkan kerugian atau menghambat untuk mencapai tujuan.

Jenis Penyedia Layanan IT

  1. Penyedia layanan internal. Penyedia jenis ini merupakan penyedia skala kecil, tetapi unit penyedia ini biasanya di gabung dengan perusahaan atau departemen IT lainnya sebagai penyeimbang permintaan
  2. Unit penyedia layanan bersama. Penyedia jenis ini melayani dengan cakupan yang lebih luas lagi, pelayanan bersama yang biasa disediakan adalah bidang IT, keuangan dan SDM, dll
  3. Penyedia layanan eksternal. Jenis penyedia yang biasanya untuk kepentingan komersil atau bisnis

4 P Strategi

  • Strategi sebagai Perspective berhubungan dengan pandangan service provide untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
  • Strategi sebagai Position menjelaskan tentang strategi service provider sebagai penyedia layanan IT untuk penawaran servicenya
  • Strategi sebagai Plan menjelaskan bagaimana service provider dapat bergerak maju kedepannya untuk mencapai tujuan dari service provider itu sendiri.
  • Strategi sebagai Pattern menjelaskan bagaimana cara service provider mempertahankan konsistensinya dalam mengambil keputusan

Manajemen layanan Sebagai Aset Strategis


ada 2 komponen dalam service strategy yang pertama untuk pengembangan strategi pelayanan kepada konsumen dan yang kedua untuk pengembangan service manajemen sebagai kompetensi untuk menyediakan service sebagai bagian strategi bisnis


Mengembangkan Strategy untuk Layanan Khusus

  • Memahami konsumen dan cara menyampaikan layanan kepada konsumen.
  • Memahami apa yang konsumen mau
  • Mendefinisikan batas terkecil untuk berhasil dalam pelayanan
  • Perngembangan yang spesifik di dasari oleh hasil yang di inginkan oleh konsumen

Aset Layanan


Dalam menyampaikan layanan, service provider menggunakan asetnya untuk menambahkan nilai kepada aset konsumen yang akan menggerakan nilai untuk organisasi
Aset yang di gunakan service provider dapat di definisikan sebagai ketentuan dari kapabilitas dan sumber daya.

Mengotomasikan Proses Pengelolaan

Otomasi proses pengelolaan adalah mengganti kerja manusia dengan sistem komputer dan perangkat lunak untuk menjalankan semua proses. Proses ini dapat diotomasi sepenuhnya dengan tidak mengandalkan manusia atau semi otomatis yang masih mengandalkan manusia pada tingkat pengambilan keputusan

Sumber
Buku IT SERVICE MANAGEMENT | A Guide for ITIL ; Foundation Exam Candidates | Second edition || Ernest Brewster , Richard Griffiths , Aidan Lawes dan John Sansbury

Tidak ada komentar:

Posting Komentar