Pengantar
Sasaran dari service strategy adalah cara agar dapat
memberikan service yang lebih baik di bandingkan dengan kompetitor dengan
mempertimpangkan aspek jangka panjang. Service strategy tidak hanya berkutat
tentang strategy pelayanan saja, tetapi juga menempatkan service provider untuk
jangka panjang, termasuk desain, pengembangan dan implementasi service
manajemen sebagai pondasi aset strategi.
Tata kelola
Konsep dari tata kelola adalah menjadikan standar
operasional dan manajemen untuk membangun organisasi yang sehat. Standar
internasional untuk tata kelola it di kemukakan salah satunya oleh ISO/IEC 38500:2008
yang menyatakan bahwa tata kelola menyediakan sebuah kerangka kerja yang
efektif untuk membatu mengerti dan memenuhi tugas masing – masing, kebijakan
dan juga etika yang harus dipatuhi di dalam organisasi.
Resiko
Resiko dapat di definisikan juga sebagai sebuah
kemungkinan dari suatu kejadian yang menyebabkan kerugian atau menghambat untuk
mencapai tujuan.
Jenis Penyedia Layanan IT
- Penyedia layanan internal. Penyedia jenis ini merupakan penyedia skala kecil, tetapi unit penyedia ini biasanya di gabung dengan perusahaan atau departemen IT lainnya sebagai penyeimbang permintaan
- Unit penyedia layanan bersama. Penyedia jenis ini melayani dengan cakupan yang lebih luas lagi, pelayanan bersama yang biasa disediakan adalah bidang IT, keuangan dan SDM, dll
- Penyedia layanan eksternal. Jenis penyedia yang biasanya untuk kepentingan komersil atau bisnis
4 P Strategi
- Strategi sebagai Perspective berhubungan dengan pandangan service provide untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
- Strategi sebagai Position menjelaskan tentang strategi service provider sebagai penyedia layanan IT untuk penawaran servicenya
- Strategi sebagai Plan menjelaskan bagaimana service provider dapat bergerak maju kedepannya untuk mencapai tujuan dari service provider itu sendiri.
- Strategi sebagai Pattern menjelaskan bagaimana cara service provider mempertahankan konsistensinya dalam mengambil keputusan
Manajemen layanan Sebagai Aset Strategis
ada 2 komponen dalam service strategy yang pertama untuk pengembangan strategi pelayanan kepada konsumen dan yang kedua untuk pengembangan service manajemen sebagai kompetensi untuk menyediakan service sebagai bagian strategi bisnis
Mengembangkan Strategy untuk Layanan Khusus
- Memahami konsumen dan cara menyampaikan layanan kepada konsumen.
- Memahami apa yang konsumen mau
- Mendefinisikan batas terkecil untuk berhasil dalam pelayanan
- Perngembangan yang spesifik di dasari oleh hasil yang di inginkan oleh konsumen
Aset Layanan
Dalam menyampaikan layanan, service provider menggunakan
asetnya untuk menambahkan nilai kepada aset konsumen yang akan menggerakan
nilai untuk organisasi
Aset yang di gunakan service provider dapat di
definisikan sebagai ketentuan dari kapabilitas dan sumber daya.
Mengotomasikan Proses
Pengelolaan
Otomasi proses pengelolaan adalah mengganti kerja
manusia dengan sistem komputer dan perangkat lunak untuk menjalankan semua
proses. Proses ini dapat diotomasi sepenuhnya dengan tidak mengandalkan manusia
atau semi otomatis yang masih mengandalkan manusia pada tingkat pengambilan
keputusan
Sumber
Buku IT SERVICE MANAGEMENT | A Guide for ITIL ; Foundation Exam Candidates | Second edition || Ernest Brewster , Richard Griffiths , Aidan Lawes dan John Sansbury
Tidak ada komentar:
Posting Komentar